Daftar Istilah dan Akronim Guru Pembelajar

0


Selamat malam rekan guru se-Indonesia. Pada postingan yang lalu telah dibahas tentang Petunjuk Teknis Guru Pembelajar Moda Tatap Muka dan Petunjuk Teknis Guru Pembelajar Moda Daring, Kali ini saya akan menyajikan daftar Istilah dan Akronim GuruPembelajar. Silahkan Lihat tabel daftar istilah/akronim beserta keterangannya.



































































































































































































Istilah/Akronim



Keterangan



Admin Kelas



Tenaga teknis yang ada di
UPT, yang menangani LMS



Coorporate Social
Responsibility
(CSR)



Tanggung jawab sosial dari
perusahaan yang ikut mendanai peningkatan kompetensi Guru Pembelajar Daring



Dapodik GTK



Data pokok pendidik yang ada
di Direktorat GTK



Daring



Dalam jaringan (internet) / online



Difabel



Orang yang memiliki kebutuhan
khusus



Ditjen GTK



Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan



Efektifitas



Suatu ukuran yang menyatakan
seberapa jauh target



Admin Kelas



Tenaga teknis yang ada di
UPT, yang menangani LMS



Coorporate Social
Responsibility
(CSR)



Tanggung jawab sosial dari perusahaan
yang ikut mendanai peningkatan kompetensi Guru Pembelajar Daring



Dapodik GTK



Data pokok pendidik yang ada
di Direktorat GTK



Daring



Dalam jaringan (internet) / online



Difabel



Orang yang memiliki kebutuhan
khusus



Ditjen GTK



Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan



Efektifitas



Suatu ukuran yang menyatakan
seberapa jauh target pembelajaran yang telah dicapai



Effect size



Besarnya pengaruh proses
pembelajaran terhadap capaian hasil belajar



E-portfolio



Wadah di dalam LMS yang
digunakan untuk menyimpan dan membagikan tugas



Guru Pembelajar moda
daring kombinasi



Model pembelajaran bagi guru
secara daring dan tatap muka



Guru Pembelajar moda
daring



Model pembelajaran bagi guru
yang dilakukan hanya secara daring



Guru Pembelajar moda
daring – Model 1



Model pembelajaran bagi guru
yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu



Guru Pembelajar moda
daring – Model 2



Model pembelajaran bagi guru
yang dilakukan hanya secara daring dan didampingi hanya oleh pengampu dan
mentor secara daring



Guru Pembelajar (GP)



Program pembelajaran bagi
guru sebagai salah satu peningkatan kompetensi



Interaksi asynchronous



Interaksi yang terjadi pada
waktu yang tidak bersamaan



Interaksi synchronous



Interaksi yang terjadi pada
waktu yang bersamaan



KCM



Kriteria Capaian Minimal



Komunitas Pembelajar



Sekelompok guru yang
melakukan pembelajaran kolaborasi secara daring dan luring, misalnya melalui


diskusi, berbagi informasi,
berbagi pengalaman, dan berbagi sumber belajar





Konstruktivisme sosial



Teori belajar yang memandang
bahwa ilmu pengetahuan dapat dibangun melalui interaksi sosial



Koordinator Admin



Tenaga teknis yang ada di
UPT, yang mempunyai otoritas di dalam memanipulasi konten teknis untuk menjamin
keberlangsungan pelaksanaan Guru Pembelajar moda daring



Learning Management
System
(LMS)



Sistem manajemen pembelajaran
secara elektronik, misalnya moodle, dan blackboard



Log activity



Rekaman kegiatan dalam sistem



Luring



Luar jaringan (internet) /offline



Mentor



Guru yang membimbing peserta
dalam Guru Pembelajar moda daring kombinasi



Pengampu



Widyaiswara/PTP/Dosen/Instruktur
yang memfasilitasi, membimbing dan memonitor kegiatan peserta dalam Guru
Pembelajar moda daring



Peserta



Guru yang menjadi peserta
Guru Pembelajar



PKG



Penilaian Kinerja Guru



Pusat Belajar (PB)



Tempat kegiatan pendampingan
dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada Guru Pembelajar moda daring
kombinasi



Refleksi



Memikirkan ulang dan
menuangkan hal-hal yang telah diperoleh dalam proses belajar, faktor-faktor
pendukung atau penghambat (baik internal maupun eksternal) dalam proses
belajar, langkah apa yang harus diambil untuk mengantisipasi masalah, dan
rencana aksi tindak lanjut pembelajaran



Relevansi



Kaitan atau hubungan antara
kesesuaian isi pelatihan dengan profesi peserta, dan penerapannya di tempat
kerja



smiley face



Instrumen untuk mengukur
reaksi peserta terhadap proses pembelajaran, berupa “kepuasan peserta”



Surel



Surat elektronik yang biasa
dikenal dengan email



Tagihan



Seluruh tugas yang harus
diselesaikan selama pembelajaran dalam bentuk: penilaian diri yang diunggah
dan dibagikan ke pengampu dan atau


mentor, tes sesi dan tes
akhir.





t-test



Uji statistik (parametrik) berdasarkan
perbandingan 2 (dua) kelompok data; hasil kemampuan awal dan hasil Tes Akhir,
untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pengetahuan setelah proses
pembelajaran



UKG



Uji Kompetensi Guru



UPT



Unit pelaksana teknis
mencakup PPPPTK, dan LPPPTK-KPTK yang menyelenggarakan Guru Pembelajar moda
daring



Sumber:
Kemdikbud. 2016 Petunjuk Teknis Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
Moda Daring. Jakarta: Direktur Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan




Demikian postingan saya kali ini,
semoga bermanfaat khususnya bagi rekan guru calon guru pembelajar. Wassalam!





Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top