PENGERTIAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) DAN BAGAIMANA MENYUSUN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

0
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam Kurikulum Sekolah Penggerak

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam Kurikulum Sekolah Penggerak

Mengenal Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): Definisi, Penyusunan, dan Contoh dalam Kurikulum Sekolah Penggerak. Seperti yang kita ketahui, dalam Kurikulum Sekolah Penggerak, Capaian Pembelajaran ditentukan oleh Pemerintah dan diorganisir dalam tahapan-tahapan. Secara garis besar, ada 2 langkah utama dalam mengembangkan Capaian Pembelajaran atau merancang materi ajar untuk suatu mata pelajaran.

Langkah-langkah dalam Mengembangkan Capaian Pembelajaran

1. Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): ATP merupakan rencana yang mencakup urutan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa pada setiap tahap proses belajar. ATP harus disusun dengan mempertimbangkan konteks, tingkat kesulitan, dan relevansi materi dalam pembelajaran. ATP bertujuan untuk menciptakan struktur yang jelas untuk memandu para pengajar dalam mengembangkan materi ajar yang efektif dan efisien.

2. Pengembangan Modul Ajar: Setelah menyusun ATP, langkah selanjutnya adalah mengembangkan modul ajar yang mencakup materi pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam ATP. Modul ajar harus disusun dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa, gaya belajar yang beragam, dan strategi pengajaran yang efektif. Modul ajar juga harus mencakup kegiatan interaktif, penilaian, dan sumber daya yang relevan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.

Langkah-langkah dalam Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Menganalisis Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK/KD) yang berlaku untuk mata pelajaran terkait.
  2. Menentukan urutan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan konteks, tingkat kesulitan, dan relevansi materi dalam pembelajaran.
  3. Menggabungkan tujuan pembelajaran yang bersifat lintas mata pelajaran atau lintas kurikulum (jika ada) untuk menciptakan integrasi antar mata pelajaran.
  4. Mempertimbangkan kebutuhan siswa, gaya belajar yang beragam, dan strategi pengajaran yang efektif dalam menyusun urutan tujuan pembelajaran.
  5. Merevisi dan memperbaiki Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai dengan umpan balik yang diperoleh dari para pengajar dan siswa.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dapat disusun dengan baik dan efektif, sehingga dapat mendukung proses pembelajaran yang bermakna dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top