PENGERTIAN CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP), TUJUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN PRINSIP PERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN DI KURIKULUM MERDEKA

0
Pengertian, Tujuan, dan Prinsip Capaian Pembelajaran di Kurikulum Sekolah Penggerak

Pengertian, Tujuan, dan Prinsip Capaian Pembelajaran di Kurikulum Sekolah Penggerak


Apa itu Capaian Pembelajaran (CP)?

Capaian Pembelajaran (CP) adalah hasil yang ingin dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Capaian pembelajaran mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik pada akhir suatu periode pembelajaran, seperti semester atau tahun ajaran. Di Kurikulum Sekolah Penggerak, capaian pembelajaran menjadi acuan untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Tujuan Capaian Pembelajaran (CP)

Tujuan dari Capaian Pembelajaran adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan menetapkan capaian pembelajaran, pendidik dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien serta menilai kemajuan dan keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Capaian pembelajaran juga membantu peserta didik untuk lebih mudah memahami apa yang diharapkan mereka capai, sehingga mereka dapat lebih fokus dalam proses pembelajaran.

Prinsip Perumusan Capaian Pembelajaran (CP)

Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam perumusan capaian pembelajaran, antara lain:

  • Konsisten: Capaian pembelajaran harus konsisten dengan tujuan dan sasaran pendidikan, baik pada tingkat nasional maupun sekolah.
  • Relevan: Capaian pembelajaran harus relevan dengan kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan dunia kerja, serta memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Terukur: Capaian pembelajaran harus dapat diukur dan dievaluasi, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, untuk menilai kemajuan dan keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
  • Fleksibel: Capaian pembelajaran harus fleksibel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang beragam, serta memungkinkan adanya modifikasi atau penyesuaian jika diperlukan.
  • Menyeluruh: Capaian pembelajaran harus mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang saling mendukung dan melengkapi satu sama lain.

Implementasi Capaian Pembelajaran di Kurikulum Sekolah Penggerak

Di Kurikulum Sekolah Penggerak, capaian pembelajaran diterapkan sebagai acuan dalam merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mengimplementasikan capaian pembelajaran di sekolah:

  1. Menyusun capaian pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan sasaran pendidikan, serta memperhatikan prinsip-prinsip perumusan capaian pembelajaran.
  2. Melakukan sosialisasi capaian pembelajaran kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk pendidik, peserta didik, dan orang tua.
  3. Merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran, dengan memperhatikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang beragam.
  4. Melakukan penilaian dan evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan peserta didik dalam mencapai capaian pembelajaran.
  5. Melakukan perbaikan dan penyesuaian capaian pembelajaran jika diperlukan, berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik dari pemangku kepentingan.

Penutup

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan hasil yang diharapkan dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Dalam Kurikulum Sekolah Penggerak, capaian pembelajaran menjadi acuan dalam merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran. Penggunaan capaian pembelajaran yang efektif akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu peserta didik untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top