Prinsip dan Prosedur Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pada Kurikulum Sekolah Penggerak
Perumusan dan penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran berfungsi mengarahkan guru dalam merencanakan, mengimplementasi, dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga capaian pembelajaran diperoleh secara sistematis, konsisten, terarah, dan terukur.
Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Beberapa prinsip dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Kurikulum Sekolah Penggerak adalah sebagai berikut:
- Kesesuaian dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK/KD) yang berlaku untuk mata pelajaran terkait.
- Penggunaan pendekatan sistematis dalam merencanakan, mengimplementasi, dan mengevaluasi pembelajaran.
- Konsistensi dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
- Pembelajaran yang terarah dan terukur untuk memastikan pencapaian tujuan yang diinginkan.
Prosedur Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Prosedur penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Kurikulum Sekolah Penggerak meliputi langkah-langkah berikut:
- Menganalisis Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK/KD) yang berlaku untuk mata pelajaran terkait.
- Menentukan urutan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan konteks, tingkat kesulitan, dan relevansi materi dalam pembelajaran.
- Menggabungkan tujuan pembelajaran yang bersifat lintas mata pelajaran atau lintas kurikulum (jika ada) untuk menciptakan integrasi antar mata pelajaran.
- Mempertimbangkan kebutuhan siswa, gaya belajar yang beragam, dan strategi pengajaran yang efektif dalam menyusun urutan tujuan pembelajaran.
- Merevisi dan memperbaiki Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai dengan umpan balik yang diperoleh dari para pengajar dan siswa.
Penutup
Prinsip dan prosedur penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada KurikulumSekolah Penggerak sangat penting untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip serta prosedur ini, guru dapat merencanakan, mengimplementasi, dan mengevaluasi pembelajaran secara sistematis, konsisten, terarah, dan terukur, sehingga capaian pembelajaran dapat diperoleh secara optimal. Selain itu, penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang baik juga dapat membantu guru dalam mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dan mempertimbangkan kebutuhan serta gaya belajar siswa yang beragam.